Diberdayakan oleh Blogger.

Artikel Populer

. . . .

Admin Control Panel

New Post | Settings | Change Layout | Edit HTML | Monetize | Moderate Comments | Monetize | Stats | Sign Out

Rabu, 18 Agustus 2010

Peringatan HUT RI Ke 65 Versi Mahasiswa Pecinta Alam Riau

>
Ada banyak cara yang dilakukan oleh setiap warga negara dalam merayakan Hari Kemerdekaan Negara mereka. Salah satunya seperti dilakukan oleh sekelompok orang yang tergabung dalam Mahasiswa Pecinta Alam dan Lingkungan Hidup Universitas Riau (Mapalindup UR). Mereka melakukan upacara di dalam Goa untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 65 pada 17 Agustus 2010 kemarin.

Upacara pengibaran Bendera Merah Putih dilaksanakan di dalam Goa yang berada di Desa Tanjung Belit Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar Propinsi Riau. Sebanyak 14 orang mengikuti upacara tersebut dengan hikmad. Upacara ini rencananya dijadwalkan dimulai pada pukul 08.00 wib namun karena ada beberapa halangan dan kendala upacara dimulai tepat pukul 10.00 Wib. Adapun yang menyebabkan kendala tersebut adalah medan penelusuran goa tersebut sedikit sulit dilalui, harus dilakukan penelusuran vertikal sedalam 23 meter dengan cara penelusuran dengan tali menggunakan teknik Single Rope Technique (SRT) satu per satu. Namun dengan semangat juang 45 mereka akhirnya berhasil memasuki gua tersebut dengan lancar dan aman.

Oleh mereka goa ini diberi nama "Goa Kubah Mesjid" karena menurut masyarakat sekitar goa tersebut tidak ada nama. Adapun jenis lorong goa ini merupakan lorong fosil karena lorong gua tersebut mempunyai karakteristik kering. Goa ini memiliki banyak potensi antara lain: Objek untuk melakukan penelitian, lokasi wisata alam dan lokasi untuk pelatihan dan pendidikan alam dan lingkungan hidup. Namun pemerintah daerah setempat tidak melihat itu menjadi hal yang penting untuk pembangunan daerah tersebut. Padahal infrastruktur transportasi sudah sangat memadai.

Salah seorang peserta, Devis mengatakan latar belakang dilakukan kegiatan upacara di dalam goa ini adalah untuk menumbuhkembangkan semangat nasionalisme dan indahnya berada di dalam gua sembari menikmati alam apalagi bila dilakukan pada Hari Kemerdekaan Republik Indoensia. Beliau juga menambahkan pentingnya untuk mengexplorasi potensi dari goa ini untuk kemajuan desa dan masyarakat di sekitar. Harusnya pemerintah daerah Kab Kampar dapat melihat hal ini./span>



Publikasikan ...

Tautan halaman ini.








1 komentar:

Ridzki Rinanto Sigit 25 Agustus 2010 pukul 16.11  

kalau ke Riau tampaknya menarik nih untuk berkunjung ke tempat ini... refreshing... btw jauhkah lokasinya dari Pekanbaru?

Posting Komentar

Label

TopBottom
  © Kantor Berita ASTEKI / TELAPAK Jawa Barat KoTa HuJaN 2008
didukung oleh tPort Integration dan Blogger | Back to TOP  
tutup [x]